Minggu, 12 Februari 2012

Jaringan Pada Manusia


Jaringan Meristematik
Jaringan meristematik adalah jaringan yang sel-selnya selalu membelah. Jaringan ini terdapat pada fase embrio. Pada tubuh manusia dan hewanvertebrata, jaringan meristematik terdapat hanya pada bagian tertentu. Misalnya,pada ujung tulang pipa yang masih muda dan pada sumsum tulang belakang yang membentuk sel-sel darah.



Ciri-ciri jaringan meristematik ini adalah mempunyai dinding yang tipis, bervakuola kecil atau tidak bervakuola, sitoplasma pekat dan sel-selnya belum berspesialisasi.


Jaringan Epitel


Jaringan epitel merupakan jaringan yang menutupi jaringan lain. Jaringan ini meliputi epitel sederhana dan epitel berlapis. Jaringan epitel sederhana hanya terdiri dari satu lapis sel.
Ciri – ciri Jaringan Epitel :
Terdiri dari sel sel yang memadat dan saling terikat erat,
Terdapat mikrovili pada permukaan apical,
Permukaan basal jaringan epitel berikatan dengan jaringan ikat,
Jaringan epitel dan jaringan ikat dihubungkan oleh membran dasar, yaitu lamina basalis dan lamina retikularis.
Jaringan Epitel terletak pada atau dikelilingi siatu lamina basal, yang memisahkan epitel dari jaringan ikat dibawahnya, pembuluh darah dan saraf.


Jaringan Ikat


Jaringan ikat merupakan jaringan yang menghubungkan antara jaringan yang satu dengan jaringan yang lain. Fungsi jaringan ikat antara lain sebagai berikut :
• Melekatkan suatu jaringan ke jaringan lain.
• Membungkus organ
• Mengisi rongga di antar organ.
• Mengangkut zat oksigen dan makanan kejaringan lain.
• Mengangkut sisa-sisa metabolisme kealat pengeluaran.
• Menghasilkan kekebalan.
Jaringan ikat dapat dikelompokkan menjadi jaringan ikat biasa, jaringan ikat khusus, jaringan ikat penyokong, dan jaringan ikat penghubung.
Ciri-ciri : sel-selnya jarang dan sebagian jaringannya tersusun atas matriks yang mengandung serabut kolagen dan serabut elastis.
Jaringan ikat terdapat di sekitar organ-organ, pembuluh darah dan saraf.


Jaringan Otot



Ciri ciri jaringan otot dapat dikatakan tidak mengandung matriks. Sel-sel tersusun dalam berkas-berkas yang dibungkus jaringan pengikat. Jaringan otot mempunyai daya kerut yang cukup tinggi, panjangnya dapat menyusut sampai separuh atau sepertiga panjang normal. Jaringan otot terbagi atas otot serat lintang, otot polos, otot jantung.


Jaringan Saraf


Jaringan saraf terdiri atas sel-sel saraf (neuron) yang mempunyai ciri khusus, yaitu mempunyai juluran sitoplasma yang panjang.
Jaringan ini terdapat pada selaput urat, selaput pembungkus otot, fasia, ligament.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar